Selasa, 21 Maret 2017

7 Taman Hiburan di Indonesia yang Paling Seru

Tak ada kata “terlalu tua” untuk menikmati taman hiburan. Sekalipun usia saya sudah mendekati kepala tiga, namun saya masih merasa seru (bercampur takut) setiap kali menaiki roller coaster. Taman hiburan selalu mengasyikkan untuk dikunjungi. Rasanya setiap penat dan stress seketika terbang saat saya berteriak dari atas roller coaster. “Aaaa…”. Walaupun Indonesia belum memiliki Disneyland, tapi Indonesia pun memiliki cukup banyak taman hiburan yang mengasyikkan. Berikut 7 Taman Hiburan di Indonesia yang paling seru:

1. Dunia Fantasi

dunia fantasi



Dunia Fantasi
Dunia Fantasi

Jaman dulu, kala tempat wisata belum sebanyak sekarang, Dunia Fantasi menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang paling menyenangkan! Dunia Fantasi atau Dufan (disebut juga: Do Fun) diresmikan pada 29 Agustus 1985. Taman hiburan ini terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol dengan maskot seekor bekantan bernama Dufan. Pemilihan maskot bekantan ini tak lepas dari fakta dulunya kawasan Ancol ini banyak dihuni oleh kera. Dufan yang memiliki luas 9,5 ha ini dibagi menjadi beberapa kawasan tematik, antara lain Jakarta zaman dahulu, Eropa, Amerika, Indonesia, Asia, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Balara, dan Istabon. Beberapa wahana favorit di Dufan antara lain adalah perahu kora-kora, Niagara, Tornado, halilintar, istana boneka, dan juga arung jeram. Dunia Fantasi memiliki cukup banyak wahana sehingga sebaiknya Anda datang pada saat Dufan baru buka pukul 10.00 hingga pukul 18.00 (Senin – Jumat), atau hingga pukul 20.00 di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

2. Taman Mini Indonesia Indah




Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah

TMII
Jika Anda ingin mengajak putra-putri Anda ke taman hiburan di Indonesia yang menyenangkan sekaligus edukatif, kunjungilah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Terletak di Jakarta Pusat, sekitar 5 km dari Bandara Halim Perdana Kusuma, TMII yang diresmikan sejak 20 April 1975 ini merupakan taman berbasis budaya yang menampilkan miniatur Indonesia. Di TMII ada 26 replika rumah adat dari seluruh Indonesia, seperti Tongkonan dan Joglo. Di TMII ini juga terdapat berbagai museum, antara lain Museum IPTEK, Museum Asmat, Museum Serangga, Museum Indonesia, Museum Komodo, dan berbagai museum lainnya. Ada juga Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, Istana Anak-anak Indonesia, dan Snowbay. Anda juga dapat naik kereta gantung dan melihat sebuah danau besar dengan pulau-pulau berbentuk Indonesia. Saya pribadi berpendapat, setiap anak Indonesia wajib untuk berkunjung ke TMII. Dengan demikian, kita bisa lebih mengenal dan mencintai kekayaan budaya Indonesia. TMII buka setiap hari pukul 07.00 – 21.00.

3. Trans Studio Bandung




Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung

trans studio bdg-4
Sejak 18 Juni 2011, koleksi taman hiburan di Indonesia bertambah satu dengan dibukanya Trans Studio Bandung. Indoor theme park terbesar di Indonesia (luas: 4,2 hektar) ini berada di kompleks yang sama dengan Trans Studio Mall yang beralamat di Jln Gatot Subroto 289, Bandung. Trans Studio Bandung memiliki 20 wahana permainan dalam 3 kawasan hiburan tematik yaitu: Studio Central, Lost City, dan Magic Corner. Trans Studio Bandung memiliki wahana roller coaster yang termasuk sebagai salah satu roller coaster tercepat di dunia (Yamaha Racing Coaster). Ada juga rumah hantu Dunia Lain yang bertemakan urband legend di Bandung seperti Ambulance Bahureksa. Di Studio Central, Anda dapat menikmati suasana Hollywood di era 60-an dan melihat deretan nama artis di Walk of Fame. Sedangkan di Lost City, Anda dapat berpetualang memasuki hutan rimba dalam safari track. Anda tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar, namun jangan khawatir karena di dalam Trans Studio Bandung cukup banyak gerai kuliner, termasuk aneka oleh-oleh Bandung. Jam operasional Trans Studio Bandung adalah pukul 10.00-21.00 WIB pada hari Senin-Jumat dan 09.00-22.00 WIB pada Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya.

4. Trans Studio Makassar




Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar

trans studio makasar
Sejak dibuka pada 20 Mei 2009, Trans Studio Makassar menjadi salah satu ikon wisata terfavorit di kota Makassar. Sebelum ada Trans Studio Bandung, Trans Studio Makassar merupakan taman hiburan di Indonesia yang paling luas. Trans Studio Makassar terletak di Kawasan Terpadu Trans Studio, JL Metro Tanjung Bunga, Makassar. Dengan luas 2,7 hektar, Trans Studio Makassar memiliki 21 wahana dengan empat zona tematik, yaitu: Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner. Jika Trans Studio Bandung memiliki Yamaha Racing Coaster, maka Trans Studio Makassar memiliki Coaster Magic Thunder. Trans Studio Makassar juga memiliki wahana Rumah Hantu Dunia Lain, Giant Swing, Science Centre, dan Yamaha House of Fun. Di Cartoon City, Anda akan memasuki dunia kartun yang penuh warna-warni dan bertemu dengan karakter kartun favorit Anda. Jam operasional Trans Studio Bandung adalah pukul 10.00-21.00 pada hari Senin-Jumat dan 09.00-22.00 pada Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya.

5. Jatim Park 1

Jatim Park 1
Jatim Park 1
jatim park 4
Salah satu taman hiburan di Indonesia yang sedang naik daun saat ini adalah Jatim Park 1. Jatim Park yang berdiri di lahan seluas 11 hektar ini berlokasi di Jalan Kartika No 2, Batu, Malang. Jatim Park 1 memadukan konsep rekreasi sekaligus edukasi. Jatim Park 1 memiliki 36 wahana, di antaranya adalah Volcano Coaster, Pendulum, Air Borne Shot, dan Sky Swinger. Di Jatim Park 1 juga terdapat waterbom, Galeri Nusantara yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, bioskop 3D. Untuk science centre, ada chemical and biology science centre, outdoor science centre, dan learning gallery. Jika Anda memiliki cukup waktu di Malang, Anda bisa sekaligus mengunjungi Jatim Park 2 dan Batu Spectacular Night. Di Jatim Park 2, Anda dapat mengunjungi Batu Secret Zoo, menginap di Pohon Inn, dan Museum Satwa. Jatim Park 1 buka setiap hari pukul 08.30 – 16.30.

6. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland
Kampung Gajah Wonderland
Kampung Gajah Wonderland berlokasi di daerah Bandung Utara, tepatnya di Jl Sersan Bajuri km 3,8 Lembang. Di Kampung Gajah, Anda tidak akan menemukan wahana semacam Roller Coaster ataupun Ferris Wheel. Wahana permainan di Kampung Gajah Wonderland ini sedikit berbeda dengan wahana-wahana taman hiburan di Indonesia lainnya. Ada ATV, Sky rider (meluncur di udara dengan menggunakan tali seperti flying fox), mini buggy, 4D rider, sky view, futuristic train, segway, dan juga waterbom. Wahana paling menarik dari waterboom di Kampung Gajah Wonderland adalah octopus race dan big tornado. Big Tornado adalah sebuah seluncuran raksasa yang bentuknya seperti corong. Hanya di Kampung Gajah Wonderland pula Anda bisa merasakan sensasi laut di pegunungan berkat wahana Wave Pool. Kampung Gajah Wonderland buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00 – 18.00 dan pukul 08.00 – 18.00 pada akhir pekan.

7. Jungleland

Jungleland
Jungleland
jungleland-4
Jungleland yang dibuka sejak 12 December 2012 ini merupakan salah satu taman hiburan tematik terbesar di Indonesia. Jungleland berlokasi di Sentul Nirwana, Sentul City, Bogor. Jungleland berdiri di lahan seluas 40 ha dan memiliki 33 wahana permainan. Ada empat zona tematik di Jungleland, yaitu Carnival, Eksplora, Tropicalia dan Mysteria. Anda bisa mencoba wahana rumah hantu Haunted House. Ada juga beberana wahana yang cukup mendebarkan seperti Mega Drop di mana kita akan dibawa naik lalu diturunkan dari ketinggian 38 meter, lalu ada Disk’O di mana kita akan diputar di atas piring raksasa dengan ketinggian hingga 15 meter. Dan ada Harvest Time, wahana roller coaster yang pasti akan memacu adrenaline Anda. Ada juga science centre di mana pengunjung dapat menikmati lab biologi, fisika, dan juga museum serangga. Sama seperti Jatim Park, Jungleland pun memadukan konsep rekreasi dan edukasi (edutainment). Ada juga Raraftingan yang merupakan wahana rafting pertama di dalam theme park. Jungleland Adventure Themes Park ini buka setiap Senin – Kamis pada pukul 10.00 – 18.00, hari Jumat pada pukul 10.00 – 20.00 dan hari Sabtu – Minggu pada pukul 09.00 – 20.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

8 Wisata Wahana Waterpark Terbaik di Indonesia

#1 Waterbom Bali Waterbom Bali disebut sebagai water theme park terbaik nomor satu di Asia dan telah menyabet TripAdvisor’s Travellers’ C...